KATA
PENGANTAR
Dengan mengucapkan
puji syukur kehadirat Allah S.W.T berkat rahmat dan nikmatnya sehingga penulis
dapat menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul “DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGRI TAHUN 2012 ” judul ini sengaja dipilih penulis agar
menarik perhatian pembaca dan diharapkan dapat menggugah kesadaran para siswa
akan kesadaran dalam handphone dan hubungannya dengan prestasi di sekolah.
Dalam karya tulis ini
penulis akan menjelaskan tentang factor-faktor yang dapat menyebabkan penurunan
prestasi siswa dikelas terutama jika siswa tersebut berhandphone beserta
usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk memperbaiki nilai-nilai yang telah
mengalami penurunan tersebut.
Tidak lupa penulis
menucapkan terima kasih kepada Ibu guru bahasa Indonesia SMA Negeri Dumai yang
telah memberikan bantuan dorongan dan semangat hingga berbagai kendala dapat
diatasi dengan mudah.
Penulis menyadari
bahwa karya tulis ini masih ada
kekurangan. Demi kesempurnaan karya tulis ini bentuk dan berbagai saran dari
berbagai pihak sangat diharapkan. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi
pembaca.
Dumai,
20 Jnuari 2013
Penulis
i
Daftar Isi
KATA PENGANTAR
…………………………………………………………………………. i
DAFTAR ISI
……………………………………………………………………………………. ii
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ……………………………………………………………………...
B.
Rumusan Masalah ………………………………………………………………….
C. Tujuan Penelitian
…………………………………………………………………...
D.
Metode Penelitian …………………………………………………………………..
E. Manfaat Penelitian ..............................................................................................
F. Hipotesis..............................................................................................................
BAB 2
LANDASAN
TEORI …………………………………………………………………………….
BAB 3
METODOLOGI
…………………………………………………………………………………..
A. Jenis
Penelitian …………………………………………………………………………
B. Sampel
dan Teknik Rancangan Sampel Penelitian ………………………………......
C. Tempat
dan Waktu Pelaksanaan Penelitian……………………………………………
BAB
4
ANALISA
DATA ………………………………………………………………………………..
BAB
5
KESIMPULAN
………………………………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………
LAMPIRAN
ANGKET …………………………………………………………………………
BAB
1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Blakang
Di
zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone atau ponsel bukanlah
barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang
bermain dengan hamdphone. Anak-anak ini sebagai siswa disekolah,memiliki
kewajiban untuk belajar. Lalu adakah pengaruh handphone terhadap prestasi
belajar siswa?
Hanphone
adalah teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi.
Saat ini handphone sudah beragam macamnya,walau fungsi utamanya adalah untuk
menelepon/berbicara jarak jauh,fitur handphone sudah banyak berkembang. Mulai
dari penambahan fitur kamera, MP3, bahkan jaringan internet. Kemajuan teknologi
komunikasi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, secara khusus
juga bermanfaat bagi dunia pendidikan terutama dalm proses pembelajaran, baik
dalam proses perencanaan pembelajaran ,pengelolaan pembelajaran serta penilaian
pembelajaran
Produk teknologi yang
saat ini lagi marak adalah HP mampu
memperpendek jarak yang jauh, sehingga dapat saling berkomunikasipada saat
bersamaan dan kapan saja. HP banyak membantu komunikasi antar individu dan
bahkan antar kelompok dengan berbagai fasilitas layanan yang disediakan jasa
telekomunikasi.
Penggunaan
HP dalam dunia pendidikan merupakan
sebuah permasalahan yang perlu dikaji secara mendalam karena dalam pikiran kita
sepertinya HP hanya berguna untuk menyampaikan Short Message Service (SMS),
mendengarkan musik, menonton tayangan audiovisual, dan game.
Tak
ada manfaat yang berarti sehingga harus dilarang untuk dibawa dan dipergunakan
siswa dilingkungan sekolah. Sebenarnya, HP juga dapat bermanfaat bagi kalangan
pelajar jika digunakan untuk kepentingan belajar. HP yang dapat terhubung
dengan layanan internet akan membantu siswa menemukan informasi yang dapat
menopang pengetahuannya di sekolah. Namun, pada kenyataannya sangat sedikit
pelajar yang memenfaatkan pada sisi ini, HP yang mereka miliki umumnya
digunakan untuk sms-an,main game, dengar music, nonton tayangan audiovisual ,serta
facebook-an. Memfungsikan HP bukan untuk fungsinya,dll. Selanjutnya, ini akan
berdampak terhadap prestasi belajarnya di sekolah.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan apa yang
dikemukakan diatas, penulis akan membahas masalah yang timbul yaitu:
1.
Apakah
dengan pemakain HP dapat menurunkan prestasi siswa?
2.
Apa
sajakah dampak yang timbul akibat penggunaan HP yang berlebihan?
C.
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas
tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan pemakaian HP dapat
menurunkan prestasi siswa dan apa sajakah dampak yang timbul akibat penggunaan
HP yang berlebihan bagi siswa SMA N DUMAI
D.
Metode
Penelitian
Penelitian ini didapat berdasarkan
buku-buku/ tinjauan pustaka yang penulis baca dan dari pengamatan
langsung.
E.
Manfaat
Penelitian
Dari
penelitian peneliti ini memperoleh manfaat yang cukup banyak mengenai dampak
handphone terutama bagi pelajar karna
mempengaruhi prestasi mereka, dan terutama pada nilai nilai di sekolah menjadi
menurun, itu juga karena dampak handphone yang terjadi kepada pelajar masakini
yang menggunakan handphone.
F.
Hipotesis
Adapun dugaan sementara menurut
penulis bahwa hp dapat mempengaruhi prestasi siswa dalam beljar seperti menurunnya nilai siwa ulangan dll.
BAB II
LANDASAN
TEORI
A.
Landasan
Teori
Menurut Muhammad Syafti Pebrianda selaku mahasiswa Universitas
muhaammadiyah Sumatera Utara, bahwa ada hubungan yang signifikan antara
penggunaan handphone oleh anak SMA terhadap perilaku mereka, banyak diantara
anak SMA tersebut memperlihatkan bahwa penggunaan handphone tidak hanya
terbatas pada sarana komunikasi yang digunakan untuk bertukar informasi, dan
fitur-fitur yang terdapat didalam handphone jauh lebih sering digunakan.
Penggunaan fitur-fitur handphnoe tersebut oleh mereka mengindifikasikan
terjadinya perubahan perilaku mereka.
Belajar mengajar adalah interaksi
atau hubungan timbale balik antara siswa dengan guru dan antara siswa dengan
siswa dalam proses pembelajaran.
Kepribadian adalah keadaan manusia sebagai perseorangan yang didalamnya terdapat sifat-sifat / watak-watak mendasar yang mencerminkan dirinya baik atau buruk .
Handphone adalah salah satu alat telekomunikasi yang didalamnya terdapat
fasilitas seperti: SMS,MP3, Kamera ,dll handphone menjadi alat multimedia.
Belajar adalah suatu proses
perubahan sikap dan tingkah laku setelah terjadinya interaksi dengan sumber
belajar. Sumber belajar ini termasuk buku, guru, atau sesame teman. Yang
dimaksud dengan perubahan sikap disini, apabila sseorang yang semula tidak tahu
, maka setelah mempelajari sesuatu ia akan berubah menjadi tahu yang
selanjutnya akan terjadi perubahan tingkah laku.
Prestasi belajar adalah penguasaan
pengetahuan / keterampilan yang dikembangkan dengan nilai tes (nilai/angka) yang
diberikan oleh guru / pendidik. Dengan demikian, jika peran serta orang tua
tinggi diharapkan tingkat prestasi peserta didik juga tinggi.
BAB III
METODOLOGI
A. Jenis
Peneliian
Adapun jenis penelitian ini
ialah mengunakan metode kuantitatif karna karna penelitian ini membandingkan
duahal yaitu antara teknologi hand phone dan pengaruh nya terhadap prestasi
siswa.
B. Sampel
dan teknik rancangan sampel penelitian
Dalam
penelitian ini yang menjadi subyek peneliti adalah narasumber / responden
sebagai sumber data. Sedangkan yang menjadi objek peneliti adalah pengaruh
penggunaan handphone. Jumlah
sample pada penelitian ini adalah 20 siswa
(responden) dengan
objek penelitiannya adalah latar belakang dampak penggunaan handphone terhadap
perestasi siswa SMAN BINSUS tahun 2012. Dengan teknik rancagan
yang kami gunakan metode purposif
sampling dalam
penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner / angket
yang disebar adalah 20 responden.
C.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan Penelitian
Tempat penelitian dilakukan di sekolah SMAN Dumai pada
tanggal 18 Januari 2013.
BAB IV
ANALISA DATA
1. Apakah
anda menggunakan HP sejak duduk di bangku SMP?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
11
|
11
|
55
|
55
|
2
|
9
|
20
|
45
|
100
|
![]() |
Jadi siswa SMAN 55% tidak mengunakan hp sejak duduk di bangku SMP
2. Apakah
anda termasuk siswa berprestasi di kelas ?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi
Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
11
|
11
|
55
|
55
|
2
|
9
|
20
|
45
|
100
|

Jadi
siswa sma n binsus 45 % berprestasi di kelas dan 55% tidak berprestasi di kelas
3. Setelah
mengunakan hp apakah prestasi blajar anda meningkat ?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi
Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
14
|
14
|
70
|
70
|
2
|
6
|
20
|
30
|
100
|

Jadi
setelah mengunakan hp 70% perestasi
siswa sma n binsus meningkat
4. Apakah
anda sering menggunakan hp saat jam pelajaran di sekolah?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi
Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
5
|
5
|
25
|
25
|
2
|
15
|
20
|
75
|
100
|

Jadi
75% siswa sma n binsus mematikan hp saat belajar
5. Apakah
hp menggangu konsentrasi anda dalam belajar ?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi
Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
10
|
10
|
50
|
50
|
2
|
10
|
100
|
50
|
100
|

Jadi 50% siswa sma binsus ketika
dalam belajar tidak menggangu konsentrasi dan 50% nya lagi hp menggangu
konsentrasi dalam belajar
1. Apakah
pengunaan hp membuat anda males belajar dan Apakah
hp menggangu konsentrasi anda dalam belajar ?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi
Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
9
|
9
|
45
|
45
|
2
|
11
|
20
|
55
|
100
|

Jadi
55% hp membuat siswa sma n binsus malas dalam belajar
2. Setelah
menggunakan hp apakah anda sering remedial dalam pelajaran ?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
6
|
6
|
30
|
30
|
2
|
14
|
20
|
70
|
100
|

Jadi
gara gara hp 70% siswa sma n binsus sering remedial dalam pelajaran setelah
menggunakan hp.
3. Apakah
hp merupakan salah satu alat motifasi belajar anda ?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
7
|
7
|
35
|
35
|
2
|
13
|
100
|
65
|
100
|

Jadi
hp 65% bagi siwa sma n binsus bukan lah salah satu alat motifasi belajar
4. Apakah
mengisi waktu luang anda dengan membahas pelajaran atau bermain hp ?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
13
|
13
|
65
|
65
|
2
|
7
|
20
|
35
|
100
|

Jadi
65% siswa sma n binsus mengisi waktu luang dengan membahas pelajaran
5. Menurut
anda, apakah dengan cara menyibukkan diri anda mengikuti les-les (bimble)
diluar jam sekolah, merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi
kebiasaan memainkan handphone?
Nilai
|
Frekuensi
|
Frekuensi Komulatif
|
%
|
Komulatif
|
1
|
11
|
11
|
55
|
11
|
2
|
9
|
20
|
45
|
100
|

Jadi
55% siswa
binsus dengan les bimbel dll dapat mengurangi kebiasaan memainkan hp
BAB V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Jadi kesimpulan dari penulis bahwa setelah menggunakan hp siswa SMAN meningkat 70% dan hp bagi siswa SMAN bukanlah salah satu alat motifasi belajar dan walaupun mereka
mengalami prestasi meningkat 70% siswa SMAN setelah menggunakan hp sering remedial dalam pelajaran. Dan dari penelitian ini di
peroleh cara menggatasinya ialah dengan cara mengikuti bimbel,les dll, maka
akan mengurangi dalam penggunaan hp.
Daftar
Pustaka
Maryati,Kun.2007.Sosiologi:Prosedur Penelitian, Pembuatan
Rancangan
Penelitian,Pelaksanaan Penelitian,Pembuatan Laporan
Penelitian,Jenis-jenis
Penelitian,Rancangan Penelitian.Jakarta:Esis.
http//www.miapurwanti.blogspot.com
http//www.mahfudcs.web.id/2012/05/materi-metode-penelitian-sosial.html
http//id.wikipedia.org
DAMPAK
PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI TAHUN 2012
1. Apakah anda menggunakan HP sejak
duduk di bangku SMP?
2. Apakah anda termasuk siswa berprestasi
di kelas ?
3. Setelah mengunakan hp apakah
prestasi belajar
anda meningkat ?
4. Apakah anda sering menggunakan hp
saat jam pelajaran di sekolah?
5. Apakah hp menggangu konsentrasi
anda dalam belajar ?
6. Apakah hp menggangu konsentrasi
anda dalam belajar ?
7. Setelah
anda menggunkan HP apakah anda sering remedial dalam pelajaran ?
8. Apakah
HP merupakan salah satu alat motivasi belajar anda?
9. Apakah
anda mengisi waktu luang anda dengan membahas pelajaran bermain HP?
10. Menurut
anda,apakah dengan cara menyibukkan diri anda dalam mengikuti les-les (Bimbel)
diluar jam sekolah, merupakan salah satu
cara yang efektif untuk mengurangi kebiasaan memainkan HP?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar