Rabu, 08 April 2015

DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA

KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah S.W.T berkat rahmat dan nikmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini yang berjudul “DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGRI TAHUN 2012  ” judul ini sengaja dipilih penulis agar menarik perhatian pembaca dan diharapkan dapat menggugah kesadaran para siswa akan kesadaran dalam handphone dan hubungannya dengan prestasi di sekolah.
Dalam karya tulis ini penulis akan menjelaskan tentang factor-faktor yang dapat menyebabkan penurunan prestasi siswa dikelas terutama jika siswa tersebut berhandphone beserta usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk memperbaiki nilai-nilai yang telah mengalami penurunan tersebut.
Tidak lupa penulis menucapkan terima kasih kepada Ibu guru bahasa Indonesia SMA Negeri Dumai yang telah memberikan bantuan dorongan dan semangat hingga berbagai kendala dapat diatasi dengan mudah.
Penulis menyadari bahwa karya tulis  ini masih ada kekurangan. Demi kesempurnaan karya tulis ini bentuk dan berbagai saran dari berbagai pihak sangat diharapkan. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca.

                                                                                                  Dumai, 20 Jnuari 2013

                                                                                                               Penulis




i
Daftar Isi

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………….   i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………….  ii
BAB 1
PENDAHULUAN
            A.  Latar Belakang ……………………………………………………………………...
            B.  Rumusan Masalah …………………………………………………………………. 
            C. Tujuan Penelitian …………………………………………………………………...
            D.  Metode Penelitian ………………………………………………………………….. 
             E.   Manfaat Penelitian ..............................................................................................
             F.   Hipotesis..............................................................................................................
BAB 2
LANDASAN TEORI …………………………………………………………………………….
BAB 3
METODOLOGI …………………………………………………………………………………..
A.     Jenis Penelitian …………………………………………………………………………
B.     Sampel dan Teknik Rancangan Sampel Penelitian ………………………………......
C.     Tempat dan Waktu Pelaksanaan Penelitian……………………………………………
BAB 4
ANALISA DATA ………………………………………………………………………………..
BAB 5
KESIMPULAN ………………………………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………
LAMPIRAN ANGKET …………………………………………………………………………

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Blakang
           Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone atau ponsel bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan hamdphone. Anak-anak ini sebagai siswa disekolah,memiliki kewajiban untuk belajar. Lalu adakah pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa?
            Hanphone adalah teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi. Saat ini handphone sudah beragam macamnya,walau fungsi utamanya adalah untuk menelepon/berbicara jarak jauh,fitur handphone sudah banyak berkembang. Mulai dari penambahan fitur kamera, MP3, bahkan jaringan internet. Kemajuan teknologi komunikasi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, secara khusus juga bermanfaat bagi dunia pendidikan terutama dalm proses pembelajaran, baik dalam proses perencanaan pembelajaran ,pengelolaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran
Produk teknologi yang saat ini lagi marak adalah HP  mampu memperpendek jarak yang jauh, sehingga dapat saling berkomunikasipada saat bersamaan dan kapan saja. HP banyak membantu komunikasi antar individu dan bahkan antar kelompok dengan berbagai fasilitas layanan yang disediakan jasa telekomunikasi.
            Penggunaan HP  dalam dunia pendidikan merupakan sebuah permasalahan yang perlu dikaji secara mendalam karena dalam pikiran kita sepertinya HP hanya berguna untuk menyampaikan Short Message Service (SMS), mendengarkan musik, menonton tayangan audiovisual, dan game.
            Tak ada manfaat yang berarti sehingga harus dilarang untuk dibawa dan dipergunakan siswa dilingkungan sekolah. Sebenarnya, HP juga dapat bermanfaat bagi kalangan pelajar jika digunakan untuk kepentingan belajar. HP yang dapat terhubung dengan layanan internet akan membantu siswa menemukan informasi yang dapat menopang pengetahuannya di sekolah. Namun, pada kenyataannya sangat sedikit pelajar yang memenfaatkan pada sisi ini, HP yang mereka miliki umumnya digunakan untuk sms-an,main game, dengar music, nonton tayangan audiovisual ,serta facebook-an. Memfungsikan HP bukan untuk fungsinya,dll. Selanjutnya, ini akan berdampak terhadap prestasi belajarnya di sekolah.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan apa yang dikemukakan diatas, penulis akan membahas masalah yang timbul yaitu:
1.      Apakah dengan pemakain HP dapat menurunkan prestasi siswa?
2.      Apa sajakah dampak yang timbul akibat penggunaan HP yang berlebihan?

C.    Tujuan Penelitian

          Berdasarkan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan pemakaian HP dapat menurunkan prestasi siswa dan apa sajakah dampak yang timbul akibat penggunaan HP yang berlebihan bagi siswa SMA N DUMAI

D.    Metode Penelitian
              Penelitian ini didapat  berdasarkan  buku-buku/ tinjauan pustaka yang penulis baca dan dari pengamatan langsung.
E.     Manfaat Penelitian

Dari penelitian peneliti ini memperoleh manfaat yang cukup banyak mengenai dampak handphone terutama bagi  pelajar karna mempengaruhi prestasi mereka, dan terutama pada nilai nilai di sekolah menjadi menurun, itu juga karena dampak handphone yang terjadi kepada pelajar masakini yang menggunakan handphone.

F.     Hipotesis
            Adapun dugaan sementara menurut penulis bahwa hp dapat mempengaruhi prestasi siswa dalam beljar  seperti menurunnya nilai siwa ulangan dll.
  
BAB II
                                      LANDASAN TEORI


A.    Landasan Teori

Menurut Muhammad Syafti Pebrianda selaku mahasiswa Universitas muhaammadiyah Sumatera Utara, bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan handphone oleh anak SMA terhadap perilaku mereka, banyak diantara anak SMA tersebut memperlihatkan bahwa penggunaan handphone tidak hanya terbatas pada sarana komunikasi yang digunakan untuk bertukar informasi, dan fitur-fitur yang terdapat didalam handphone jauh lebih sering digunakan. Penggunaan fitur-fitur handphnoe tersebut oleh mereka mengindifikasikan terjadinya perubahan perilaku mereka.
 Belajar mengajar adalah interaksi atau hubungan timbale balik antara siswa dengan guru dan antara siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran.

           Kepribadian adalah keadaan manusia sebagai perseorangan yang didalamnya terdapat sifat-sifat / watak-watak mendasar yang mencerminkan dirinya baik atau buruk .
Handphone adalah salah satu alat telekomunikasi yang didalamnya terdapat fasilitas seperti: SMS,MP3, Kamera ,dll handphone menjadi alat multimedia.
             Belajar adalah suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku setelah terjadinya interaksi dengan sumber belajar. Sumber belajar ini termasuk buku, guru, atau sesame teman. Yang dimaksud dengan perubahan sikap disini, apabila sseorang yang semula tidak tahu , maka setelah mempelajari sesuatu ia akan berubah menjadi tahu yang selanjutnya akan terjadi perubahan tingkah laku.
             Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan / keterampilan yang dikembangkan dengan nilai tes (nilai/angka) yang diberikan oleh guru / pendidik. Dengan demikian, jika peran serta orang tua tinggi diharapkan tingkat prestasi peserta didik juga tinggi.
BAB III
METODOLOGI

A.    Jenis Peneliian
Adapun jenis penelitian ini ialah mengunakan metode kuantitatif karna karna penelitian ini membandingkan duahal yaitu antara teknologi hand phone dan pengaruh nya terhadap prestasi siswa.
B.     Sampel dan teknik rancangan sampel penelitian
          Dalam penelitian ini yang menjadi subyek peneliti adalah narasumber / responden sebagai sumber data. Sedangkan yang menjadi objek peneliti adalah pengaruh penggunaan handphone. Jumlah sample pada penelitian ini adalah 20 siswa (responden) dengan objek penelitiannya adalah latar belakang dampak penggunaan handphone terhadap perestasi siswa SMAN BINSUS tahun 2012. Dengan teknik rancagan yang kami gunakan metode purposif sampling dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner / angket yang disebar adalah 20 responden.
C.       Tempat dan Waktu Pelaksanaan Penelitian
Tempat penelitian dilakukan di sekolah SMAN Dumai pada tanggal 18 Januari 2013.








BAB IV
ANALISA DATA

1. Apakah anda menggunakan HP sejak duduk di bangku SMP?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi          Komulatif
%
Komulatif
1
11
11
55
55
2
9
20
45
100

Jadi siswa SMAN 55% tidak mengunakan hp sejak duduk di bangku SMP

2. Apakah anda termasuk siswa berprestasi di kelas ?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi
 Komulatif
%
Komulatif
1
11
11
55
55
2
9
20
45
100





Jadi siswa sma n binsus 45 % berprestasi di kelas dan 55% tidak berprestasi di kelas

3. Setelah mengunakan hp apakah prestasi blajar anda meningkat ?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi
Komulatif
%
Komulatif
1
14
14
70
70
2
6
20
30
100






Jadi setelah mengunakan hp 70% perestasi  siswa sma n binsus meningkat

4. Apakah anda sering menggunakan hp saat jam pelajaran di sekolah?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi
 Komulatif
%
Komulatif
1
5
5
25
25
2
15
20
75
100






Jadi 75% siswa sma n binsus mematikan hp saat belajar

5. Apakah hp menggangu konsentrasi anda dalam belajar ?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi
 Komulatif
%
Komulatif
1
10
10
50
50
2
10
100
50
100


Jadi 50% siswa sma binsus ketika dalam belajar tidak menggangu konsentrasi dan 50% nya lagi hp menggangu konsentrasi dalam belajar

1. Apakah pengunaan hp membuat anda males belajar dan Apakah hp menggangu konsentrasi anda dalam belajar ?

Nilai
Frekuensi
Frekuensi
 Komulatif
%
Komulatif
1
9
9
45
45
2
11
20
55
100





Jadi 55% hp membuat siswa sma n binsus malas dalam belajar
2. Setelah menggunakan hp apakah anda sering remedial dalam pelajaran ?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi                          Komulatif
%
Komulatif
1
6
6
30
30
2
14
20
70
100
Jadi gara gara hp 70% siswa sma n binsus sering remedial dalam pelajaran setelah menggunakan hp.
3. Apakah hp merupakan salah satu alat motifasi belajar anda ?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi             Komulatif
%
Komulatif
1
7
7
35
35
2
13
100
65
100






Jadi hp 65% bagi siwa sma n binsus bukan lah salah satu alat motifasi belajar
4. Apakah mengisi waktu luang anda dengan membahas pelajaran atau bermain hp ?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi                  Komulatif
%
Komulatif
1
13
13
65
65
2
7
20
35
100


Jadi 65% siswa sma n binsus mengisi waktu luang dengan membahas pelajaran
5. Menurut anda, apakah dengan cara menyibukkan diri anda mengikuti les-les (bimble) diluar jam sekolah, merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi kebiasaan memainkan handphone?
Nilai
Frekuensi
Frekuensi Komulatif
%
Komulatif
1
11
11
55
11
2
9
20
45
100




Jadi 55% siswa binsus dengan les bimbel dll dapat mengurangi kebiasaan memainkan hp











BAB V
KESIMPULAN
A.  Kesimpulan
          Jadi kesimpulan dari penulis bahwa setelah menggunakan hp siswa SMAN  meningkat 70% dan hp bagi siswa SMAN bukanlah salah satu alat motifasi belajar dan walaupun mereka mengalami prestasi meningkat 70% siswa SMAN setelah menggunakan hp sering remedial  dalam pelajaran. Dan dari penelitian ini di peroleh cara menggatasinya ialah dengan cara mengikuti bimbel,les dll, maka akan mengurangi dalam penggunaan hp.

Daftar Pustaka

Maryati,Kun.2007.Sosiologi:Prosedur Penelitian, Pembuatan Rancangan
Penelitian,Pelaksanaan Penelitian,Pembuatan Laporan Penelitian,Jenis-jenis
Penelitian,Rancangan Penelitian.Jakarta:Esis.
http//www.miapurwanti.blogspot.com
http//www.mahfudcs.web.id/2012/05/materi-metode-penelitian-sosial.html
http//id.wikipedia.org


DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI TAHUN 2012 

1. Apakah anda menggunakan HP sejak duduk di bangku SMP?
2. Apakah anda termasuk siswa berprestasi di kelas ?
3. Setelah mengunakan hp apakah prestasi belajar anda meningkat ?
4. Apakah anda sering menggunakan hp saat jam pelajaran di sekolah?
5. Apakah hp menggangu konsentrasi anda dalam belajar ?
6. Apakah hp menggangu konsentrasi anda dalam belajar ?
7. Setelah anda menggunkan HP apakah anda sering remedial dalam pelajaran ?
8. Apakah HP merupakan salah satu alat motivasi belajar anda?
9. Apakah anda mengisi waktu luang anda dengan membahas pelajaran bermain HP?
10.  Menurut anda,apakah dengan cara menyibukkan diri anda dalam mengikuti les-les (Bimbel) diluar  jam sekolah, merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi kebiasaan memainkan HP?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar